Selasa, 03 November 2015

Gas Bumi Si Energi Baik dan Pentingnya pembangunan Infrastruktur Jaringan Pipa Gas

Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk disingkat PGN (IDX: PGAS) adalah sebuah BUMN yang bergerak di bidang transmisi dan distribusi gas bumi. Semula pengusahaan gas di Indonesia adalah perusahaan gas swasta Belanda yang bernama I.J.N. Eindhoven & Co berdiri pada tahun 1859 yang memperkenalkan penggunaan gas kota di Indonesia yang terbuat dari batu bara.

Proses peralihan kekuasaan kembali terjadi di akhir Perang Dunia II pada Agustus 1945, saat Jepang menyerah kepada Sekutu. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh para pemuda dan buruh listrik melalui delegasi Buruh/Pegawai Listrik dan Gas yang bersama-sama dengan Pimpinan KNI Pusat berinisiatif menghadap Presiden Soekarno untuk menyerahkan perusahaan-perusahaan tersebut kepada Pemerintah Republik Indonesia. Tanggal 13 Mei 1965-lah yang diperingati sebagai hari jadi PGN atau dulunya juga disebut PN Gas.

Lalu apakah Gas alam itu? Gas Alam sering juga disebut sebagai gas bumi atau gas rawa, adalah bahan bakar fosil berbentuk gas yang terutama terdiri dari metana CH4). Ia dapat ditemukan di ladang minyak, ladang gas bumi dan juga tambang batu bara. Ketika gas yang kaya dengan metana diproduksi melalui pembusukan oleh bakteri anaerobik dari bahan-bahan organik selain dari fosil, maka ia disebut biogas. Sumber biogas dapat ditemukan di rawa-rawa, tempat pembuangan akhir sampah, serta penampungan kotoran manusia dan hewan.

Nitrogen, helium, karbon dioksida (CO2), hidrogen sulfida (H2S), dan air dapat juga terkandung di dalam gas alam. Merkuri dapat juga terkandung dalam jumlah kecil. Komposisi gas alam bervariasi sesuai dengan sumber ladang gasnya.

Sedangkan, Gas alam cair (Liquefied natural gas, LNG) adalah gas alam yang telah diproses untuk menghilangkan ketidakmurnian dan hidrokarbon berat dan kemudian dikondensasi menjadi cairan pada tekan atmosfer dengan mendinginkannya sekitar -160° Celcius. LNG ditransportasi menggunakan kendaraan yang dirancang khusus dan ditaruh dalam tangki yang juga dirancang khusus. LNG memiliki isi sekitar 1/640 dari gas alam pada Suhu dan Tekanan Standar, membuatnya lebih hemat untuk ditransportasi jarak jauh di mana jalur pipa tidak ada. Ketika memindahkan gas alam dengan jalur pipa tidak memungkinkan atau tidak ekonomis, dia dapat ditransportasi oleh kendaraan LNG, di mana kebanyakan jenis tangki adalah membran atau “moss”.

Manfaat dari Gas alam itu diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Bidang Industri
Industri menggunakannya sebagai sumber panas untuk menghasilkan barang-barang. Industri juga menggunakan gas alam sebagai bahan untuk membua t pupuk, tinta, plastik, cat, detergen, pencegah serangga dan lain-lain.

2. Kegunaan domestik
Digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak dan pemanas. Di beberapa negara gas alam disediakan untuk rumah-rumah disalurkan menggunakan pipa yang digunakan untuk pengering pakaian, pemanas/pendingin ruangan, pemanas air, bahan bakar kompor, AC.

3. Listrik
Gas alam juga dapat digunakan untuk meciptakan listrik melalui penggunaan turbin gas dan turbin uap. Pembakaran gas alam lebih bersih daripada minyak dan batubara sehingga dapat menghasilkan listrik dengan lebih efisien dan emisi yng lebih rendah.

4. Transportasi
Gas alam digunakan sebagai bahan bakar transportasi, mempunyai oktan yang lebih tinggi, lebih bersih daripada bensin dan diesel. Pada tahun 2008 ada 9.6 juta kendaraan gas alam diseluruh dunia.

Pentingnya pembangunan Infrastruktur Jaringan Pipa Gas

Lalu apakah sih gunanya pembangunan infrastruktur Jaringan Pipa Gas? mari kita ambil study kasus Blok Masela yang sedang diusulkan untuk pembangunan infrastruktur gas.

Saat ini Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli mengusulkan untuk pembangunan infrastruktur jaringan pipa gas di blok minyak dan gas (migas) Masela, Maluku. Hal ini dikarenakan pembangunan pipa sepanjang 600 kilometer (km) tersebut akan menghidupi Pulau Aru. Bahkan bisa menghidupkan lebih besar dari Blok yang ada di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Pembangunan pipa dengan nilai investasi US$ 14,6 miliar hingga US$ 16 miliar tersebut akan menciptakan lapangan kerja, dan industri di sekitar ruas pipa tersebut. Belum lagi hal itu akan mengembangkan industri petrochemical dan pabrik pupuk bila sudah dibangun.

Blok Masela yang diperkirakan bisa beroperasi pada 2024 tersebut, memiliki banyak kandungan gas, potensinya mencapai 10,7 triliun cubic feet (tcf). Karena itu ada rencana membangun infrastruktur pengolahan gas. Secara finansial, balik modal (Internal Rate of Return/IRR) blok tersebut mencapai 15,04 persen menyumbang pendapatan negara US$ 43,8 miliar.

Sebenarnya ada dua pilihan pembangunan infrastruktur gas. Pertama membangun faslitas pengolahan terapung di laut dengan teknologi terbaru yang memakan biaya US$ 19,3 miliar. Pilihan kedua adalah membangun jaringan pipa sepanjang 600 km dari Blok Masela yang terletak di Laut Arafuru menuju Pulau Aru dengan investasi US$ 14,6 miliar sampai US$ 16 miliar. Tentu saja pilihan kedua dirasakan adalah solusi terbaik untuk saat ini.

Artikel ini disumbangkan untuk situs Sinergi

Sumber: Liputan 6 merdeka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar