Sabtu, 14 November 2015

Wow Bus Berbahan Bakar Kotoran Sapi Pecahkan Rekor Tercepat #EnergiAlternatif

Sebuah bus berbahan bakar kotoran sapi telah memecahkan rekor kecepatan bus reguler dengan menembus hampir 124 km/jam. Bus bernama "Bus Hound" dari Kota Reading, Inggris itu, mencatat kecepatan hingga 123,57 km/jam di lapangan Millbrook Proving Ground di Kota Bedford.

Dengan cat hitam putih bermotif kulit sapi, bus itu menggunakan bahan bakar yang terbuat dari tinja hewan yang diproses menjadi biogas. Gas tersebut kemudian dicairkan dan disimpan dalam tujuh tangki di atap bus. Meski mencatat rekor, mengingat batas kecepatan bus berada pada kisaran 90 km/jam, torehan itu tidak akan dihitung sebagai Rekor Dunia Guiness bila belum mencapai kecepatan di atas 241 km/jam.

Kepala mekanik, John Bickerton, mengatakan tidak keberatan. Yang penting, menurutnya, bus tersebut telah meraih gelar sebagai bus tercepat yang berbahan bakar kotoran sapi.

"Kami menantang bus lainnya untuk mematahkan rekor kami. Kami ingin mengubah citra transportasi bus sebagai kotor, bau dan pelan. Kami modern, cepat dan penuh inovasi baru," kata Bickerton.

Nama bus itu terinspirasi oleh mobil supersonik asal Inggris yang berupaya mencapai kecepatan lebih dari 1.600km/jam pada 2016 mendatang

Bahan bakar tinja

Pada 2014 lalu, Inggris mengoperasikan bus bertenaga kotoran manusia dan sampah makanan untuk pertama kalinya.

Angkutan umum dengan 40 kursi ini dinamai Bio Bus, dioperasikan dengan gas biometana yang dihasilkan melalui pengolahan limbah dan sampah makanan.
Bus ramah lingkungan ini bisa menempuh jarak 300 kilometer dengan satu tangki gas. Satu tangki gas ini biasanya bisa diisi dengan tinja yang dikeluarkan lima orang selama setahun.

Kendaraan dioperasikan oleh Perusahaan Bath Bus dan mengangkut orang dari Bandara Bristol dan pusat Kota Bath.

Artikel ini disumbangkan untuk situs Sinergi

Sumber: NatGeo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar