Senin, 15 Februari 2016

Amazing, 1 ton Thorium Sebesar Bola Basket Menjadi Pembangkit Listrik Energi Alternatif Berdaya 1000 MW

Tahukah anda Energi Alternatif Thorium? Thorium memilki densitas energi terpadat sehingga 1 ton Thorium yang hanya sebesar bola basket dapat menjadi bahan bakar pembangkit listrik berdaya 1000 MW selama 1 tahun. Bandingkan dengan uranium yang membutuhkan 200 ton atau batubara yang membutuhkan 3,5 juta ton, wow dan yang lebih menggembirakan bahwa indonesia memilki Cadangan Energi Alternatif Thorium untuk 1000 tahun. 


Thorium sendiri adalah sebuah unsur dengan no atom 90 yang mempunyai sifat radioaktif yang dapat dipakai sebagai bahan bakar reaktor nuklir. Karena Thorium bukan inti fisile maka untuk menggunakan Thorium harus memakai Uranium tetapi ini hanya untuk awal memicu reaksi karena setelah itu Thorium yang disebut inti fertile (subur) dapat membelah dan menghasilkan Uranium 233 atau dapat dilakukan penembakan dengan Neutron sehingga Thorium membelah.

Revolusi energi berikutnya dalam Energi Alternatif adalah Thorium Energy, sebuah sumber energi yang bersih, menghasilkan limbah nuklir yang sangat kecil, tidak dapat di persenjatai, tidak mengeluarkan emisi apapun dan karena densitas energi yang sangat tinggi maka energi yang dihasilkan sangat murah. Thorium akan mengakhiri pengunaan bahan bakar berbasis fosil seperti minyak dan batubara selamanya karena di masa depan kendaraan, kapal laut bahkan pesawat terbang dapat memakai Thorium sebagai bahan bakar.

Semoga pembangkit listrik thorium segera diimplementasikan di negeri Indonesia tercinta.

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi
Sumber : Kompasiana 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar