Senin, 15 Februari 2016

Cool, Thorium Bangka Hasilkan 90 Persen Energi Listrik #energiAlternatif


Potensi energi alternatif thorium untuk menghasilkan energi listrik sebanyak 90 persen dari 121 ribu ton yang tersedia di Pulau Bangka.


Menurut Kepala Batan, Djarot Sulistio Wisnubroto, energi alternatif Thorium lebih aman daripada uranium berikut ini alasan nya:

Uranium merupakan unsur yang dapat membelah diri setelah bereaksi nuklir. Reaksi uranium akan menghasilkan plutonium, yakni hal yang biasa digunakan dalam dunia persenjataan. 

Sementara energi alternatif thorium memiliki sifat yang tidak dapat membelah diri. Thorium hanya akan membelah diri apabila direaksikan dengan neutron terlebih dahulu. Karena tidak bisa membelah diri, maka ini berarti tidak dapat menghasilkan plutonium. Dengan kata lain penggunaannya aman karena tidak ada pemanfaatan untuk persenjataan.

Selain itu menurut Djarot limbahnya lebih sedikit dari uranium yang bisa berkisar 300 meter per kubik dalam setahun dengan ukuran pembangkit listrik sebanyak 1000 MegaWatt (MW).  Dia berpendapat, total limbah thorium diperkirakan di bawah 300 meter kubik.

Semoga Thorium yang kita miliki dapat dimanfaatkan dengan maksimal sebagai energi alternatif.

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Sumber: republika 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar